Senin, 25 Februari 2013 - 13:58:02 WIB
Khasiat Sayur Bayam
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Herbal - Dibaca: 3132 kali

Bayam (Amaranthus tricolor) merupakan sayuran yang sangat familiar dengan kita, selain harganya yang relatif murah dan gampang di dapat ternyata bayam juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa bayam adalah “raja” nya sayuran karena berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Setiap 100 gram bayam terkandung 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

 

 

 

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bayam :

 

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

 

  • Mencegah Osteoporosis

Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

 

  • Mencegah Anemia

Bayam adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

 

  • Meningkatkan kualitas penglihatan

Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.

 

  • Regenerasi sel dan menghaluskan kulit

Bayam kaya akan vitamin C dan E. Vitamin C dapat menghaluskan kulit, serta menghambat enzime tirosinase yaitu enzime yang tugasnya untuk membantu pembentukan pigmen pada kulit. Bila proses ini terhambat maka kulit akan terlihat cerah dan bersih. Sedangkan vitamin E bermanfaat untuk menjaga terjadinya kerusakan pada sel-sel didalam tubuh akibat terjadinya radial bebas.

 

  • Sangat baik bagi ibu hamil

Folic acid yang banyak terkandung dalam bayam ini merupakan zat yang mudah larut dan mengandung vitamin B9. Vitamin tersebut biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang sedang mengandung untuk melindungi bayinya dari cacat pada bagian sarafnya.

 

  • Mengurangi resiko penyakit Jantung

Bayam merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

 

  • Melawan Sel Kanker

Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

 

  • Sumber Anti-inflamasi

Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat sayur ini pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

 

  • Mencegah Diabetes

Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

 

Berbagai Ramuan dari sayur Bayam:

       1. Untuk mengatasi sembelit, Sakit Gusi dan Tukak Lambung

           Bahan:

           - Seikat bayam     

           - Sesendok madu

           Cara Membuat:

           - Setelah dicuci dan dipotong, giling bayam samapi.

           - Tambahkan setengah cangkir air matang dan satu sendok makan madu.

           - Setelah itu diperas dan disaring. Minum 3 x sehari, setengah cangkir.

 

       2.  Perawatan Kulit Muka, Kepala dan Rambut

            Bahan:

            - Segenggam kunyit     

            - Seikat daun bayam

            Cara Membuat:

            - Bayam yang sudah dibersihkan, di blender.

            - Setelah itu peras dan ambil airnya. Ambil kunyit yang sudah dibersihkan, di blender.

            - Tambahkan air secukupnya.

            - Peras kunyit dan tinggalkan air sarinya. Campur air sari kunyit dan bayam.

            - Tambahkan dengan sedikit air hangat. Gunakan untuk mencuci muka atau keramas.

 

       3.  Bronkitis, Anemia, Demam, Keputihan dan Gangguan Lever

             Bahan:

            - Seikat bayam    

            - Sesendok madu

            Cara Membuat:

            - Masukkan bayam kedalam blender tambahkan sedikit air matang

            - Peras hasil blenderan bayam dan tambahkan madu ke dalamnya. Minum sehari sekali satu gelas

 

       4.  Disengat Lebah, Ulat Bulu, Lipan

            Bahan: - Segenggang bayam

            Cara Membuat:

            Memarkan bayam dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau gatal. Bisa juga dilengkapi dengan membuat jus bayam dan diminum sehari sekali satu cangkir.

Perhatian:

Bagi penderita rematik dan asam urat tidak boleh mengkonsumsi sayur bayam, Karena kandungan purin yang sangat tinggi pada bayam dapat menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari sayur segar ini, hendaknya kita mengkonsumsi si hijau istimewa ini setiap hari, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. (dari berbagai sumber).