Kamis, 14 Februari 2013 - 20:44:48 WIB
Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif, dan Komplementer yang Terstandar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Poliklinik LKTM - Dibaca: 155601 kali

Untuk menunjang pelayanan kesehatan tradisional, alternatif, dan komplementer yang terstandar, LKTM memiliki poliklinik yang melakukan pelayanan berupa pengobatan tradisional berstandar seperti : Akupuntur, Akupresure, Konsultasi Herbal, Totok Wajah, dan Apotik Herbal (tempat pengambilan obat herbal yang resmi dan layak digunakan oleh pasien).

Di polikilinik ini pun ditangani oleh dokter spesialis dan dokter umum plus yang bersertifikat pelatihan kesehatan tradisional. Didampingi perawat yang juga telah memiliki pengetahuan pelayanan kesehatan tradisional.

Poliklinik LKTM buka pada tiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 09.00 – 13.00 WIB. Dan sasaran pengunjung yang datang ke poliklinik LKTM adalah masyarakat umum. Alur dimulai dari pasien datang dan registrasi, kemudian dilanjutkan konsultasi dengan dokter bersangkutan, pengambilan tindakan (tindakan melalui akupuntur, akupresure atau hanya menebus obat), pasien ke apotik, transaksi pembayaran dan terakhir pasien pulang.
Pengambilan tindakan pada pasien tidak lepas dari melihat riwayat kesehatan dan hasil laboratorium pasien sebelumnya. Adapun beberapa keluhan penyakit yang paling banyak ditangani di poliklinik LKTM antara lain :

  1. Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan
  2. Chepalgia adalah nyeri atau sakit sekitar kepala, termasuk nyeri di belakang mata serta perbatasan antara leher dan kepala bagian belakang
  3. Bell's palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah
  4. Osteoarthritis itu merupakan radang pada sendi atau kerusakan pada tulang rawan sendi
  5. Gastritis adalah peradangan pada lapisan perut, dan memiliki banyak kemungkinan penyebab
  6. Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa
  7. Dismenore; nyeri perut waktu menstruasi

Pada awal tahun 2013 ini, pasien yang berkunjung ke poliklinik LKTM semakin bertambah dari tahun-tahun sebelumnya. Diharapakan dengan adanya peningkatan jumlah pasien setiap tahunnya, maka terwujud pula visi LKTM sebagai pusat regional pengembangan kesehatan tradisional untuk mewujudkan masyarakat sehat mandiri.