Rabu, 27 Februari 2013 - 09:26:08 WIB
Apotik Herbal di LKTM Palembang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Poliklinik LKTM - Dibaca: 29099 kali

Indonesia adalah salah satu penghasil tanaman herbal terbesar di dunia.setelah China dan India. Jumlah tanaman yang diperkirakan mempunyai kegunaan untuk mengobati penyakit di Indonesia tercatat 1500 jenis. Obat Tradisional sejak dulu memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan, mempertahankan stamina dan mengobati penyakit.

Pemanfaatan tanaman herbal di Indonesia sebagai obat tradisional saat ini sudah cukup luas.Pengobatan tradisional ini terus dikembangkan dan dipelihara sebagai warisan budaya bangsa yang terus ditingkatkan melalui penelitian dan pengembangan tekhnologi. Obat tradisional biasanya digunakan dalam bentuk pengobatan sendiri.

 

Definisi Obat Tradisional

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berasal dari tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan saringan atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan dalam pengobatan berdasarkan pengalaman.

Penggunaan obat tradisional diharapkan bisa menggantikan penggunaan obat konvensional yang saat ini bahan bakunya masih impor. Pemerintah pun terus mendukung pemanfaatan obat tradisional, salah satunya melalui Undang-Undang No.36 tahun 2009 yang menyebutkan bahwa pelayanan Kesehatan Tradisional termasuk dalam 17 jenis Pelayanan Upaya Kesehatan yang wajib disiapkan.

LKTM Palembang adalah salah satu wadah yang difasilitasi oleh Kementrian Kesehatan untuk mewujudkannya.

LKTM Palembang telah memiliki Apotek Herbal sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan tradisional. Pelayanan di Apotek ini meliputi Jamu, Racikan Simplisia, Obat Herbal Terstandar, Aromatherapy, hingga Ekstrak Tanaman yang telah dikapsulasi. LKTM Palembang juga memanfaatkan lahan yang tersedia untuk dijadikan Apotek Hidup sebagai kebun Tanaman obat keluarga (TOGA) Mini. Beberapa di antaranya adalah tanaman-tanaman obat yang banyak tumbuh di sekitar kita  diantaranya jahe, kunyit ,kelompok temu-temuan ( temu lawak,temu kunci,temu putih,)meniran,sambiloto,pegagan,serai, sirih-sirihan, dan lain-lain.

Diharapkan semua fasilitas yang ada di LKTM Palembang baik di Apotek Herbal maupun Apotek Hidupnya dapat menjadi contoh bagi Lembaga Pemerintah Kesehatan Lainnya dan Masyarakat luas dalam melakukan pengobatan sendiri dengan menggunakan Obat Tradisional secara Tepat dan Aman.