Jumat, 02 Agustus 2013 - 13:06:14 WIB
Menggali Peninggalan Ramuan Pengobatan Tradisional Kesultanan Palembang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan LKTM - Dibaca: 58219 kali

Sejak ratusan tahun yang lalu, nenek moyang bangsa kita telah terkenal pandai meracik jamu dan obat-obatan tradisional. Beragam jenis tumbuhan, akar-akaran, dan bahan-bahan alamiah lainnya diracik sebagai ramuan jamu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Ramuan-ramuan itu digunakan pula untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat, mencegah penyakit, dan sebagian untuk mempercantik diri. Kemahiran meracik bahan-bahan itu diwariskan oleh nenek moyang kita secara turun temurun, dari satu generasi ke generasi berikutnya, hingga ke zaman kita sekarang.

Berdasarkan hasil kegiatan Loka Kesehatan Tradisional dalam melakukan pengawasan dan evaluasi Battra, didapatkan Manuscript-manuscript dalam bentuk kitab yang rapi peninggalan Kesultanan Palembang. Menurut keterangan Ustadz Andi, SAg yang merupakan salah satu kerabat Kesultanan Palembang, kitab tersebut berisi metode pengobatan untuk penyakit kewanitaan, penambah stamina (kebugaran) maupun gangguan kesehatan pada anak-anak. Sayangnya Manuscript tersebut masih dalam bentuk bahasa asli (bahasa Arab).

 

Diharapkan dukungan pemerintah untuk memperhatikan dan memanfaatkannya, guna terpeliharanya peninggalan pengobatan tradisional turun-menurun dari Kesultanan Palembang.