Kamis, 11 Desember 2014 - 13:26:22 WIB
LKTM dalam Berita
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan LKTM - Dibaca: 2714 kali

Dengan bekerjasama dengan surat kabar Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, tepat pada tanggal 6 Desember 2014 kemarin Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) masuk sebagai headline news untuk Pelayanan Kesehatan Tradisional yang ada di Provinsi Sumatera Selatan Kota Palembang.

Sejak tahun 2010 lalu, LKTM sudah melakukan pelayanan berbasis kesehatan tradisioanal alternatif komplementer yang dari tahun ke tahun mulai dilirik oleh masyarakat umum bahwa selain pelayanan kesehatan umum kebanyakan, ada juga pelayanan alternatif yang dapat menangani kesehatan dengan tenaga kesehatan umum maupun spesialis (dokter umum, dokter spesialis dan petugas kesehatan umum lainnya).

Di LKTM, pelayanan kesehatan ditunjang dengan adanya tenaga spesialis dan umum yang memiliki dasar pengobatan tradisional seperti Akupunktur, Akupresur, Bekam, Fisioterapi dan Herbal. Oleh sebab itu, pelayanan yang tersedia pun tidak terbatas hanya sekedar pelayanan kesehatan umum melainkan LKTM pun melayani pasien dengan keluhan berbagai penyakit dengan cara pengobatan tradisional maupun memberikan obat-obat herbal sebagai alternatif obat umum kebanyakan yang dijual bebas di pasaran.

Seperti pelayanan kesehatan Akupunktur, di LKTM langsung dilayani oleh dokter spesialis dan dokter umum serta dibantu perawat yang sudah mengikuti pelatihan akupunktur. Begitu juga dengan pelayanan Akupresur dan Bekam, di LKTM memiliki tenaga terampil dalam hal massage sehat, massage bayi dan fisioterapi serta dokter yang menangani langsung pelayanan bekam.

Selain pelayanan kesehatan diatas, LKTM juga berkembang memberikan kesempatan pada masyarakat umum dan kader untuk belajar sehat mandiri (self care) melalui magang herbal dan pelatihan teknik pijat seperti membuat ramuan herbal dan teknik pijat untuk mengatasi penyakit ringan baik dilakukan di kantor LKTM atau pada saat penyuluhan dan pembinaan kader di Kabupaten/Kota wilayah binaan LKTM.

Dan pada tahun 2014 ini, terdapat tambahan pelayanan SPA/Griya Sehat untuk meningkatkan kebugaran di LKTM untuk melengkapi serta menservis masyarakat dalam hal mendapatkan pelayanan tradisional secara maksimal yang dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan umum bukan tenaga terampil yang hanya mendapatkan ilmu dari pelatihan atau kursus diluar seperti kebanyakan.

Diharapkan dengan adanya berita di surat kabar ini, masyarakat luas dapat mengetahui dan mulai beralih atau mempertimbangkan bahwa kesehatan tradisional tidaklah sekerdil yang dianggap oleh masyarakat kebanyakan melainkan kesehatan tradisional memang resmi ada dari Kementerian Kesehatan dan telah dilakukan oleh tenaga kesehatan umum dan spesialis.