Jumat, 02 Juni 2017 - 14:53:09 WIB
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2017
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan LKTM - Dibaca: 115392 kali

Kamis, 1 Juni 2017, walaupun suasana hujan gerimis dilapangan kantor Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahir pancasilan tetap berlansung dengan hikmat, yang diikuti oleh seluruh staf LKTM. Bertindak selaku pembina upacara kepala LKTM dr. Febrika wediasari, dan komandan upacara Relli Eftama, Amd.Kep. Upacara dimulai dengan komandan upacara memasuki lapangan upacara, selanjutnya penghormatan bendera di pimpin oleh komandan upacara dan mengheningkan cipta yang dipimpin pembina upacara. Kemudian dilanjutkan pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan naskah Pancasila oleh petugas dan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Upacara ditutup dengan doa yang di pimpin oleh dr. Hermanto.

Peringatan hari lahir Pancasila ini mulai diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Sejak ditetapkannya Kepres nomor 24 tahun 2016 tentang hari lahir pancasila pada tanggal 1 juni, maka setiap tanggal 1 Juni rakyat indonesia memperingati hari lahir pancasila dan pada tanggal tersebut juga merupakan hari libur nasional. Masyarakat diharapkan dapat memeriahkan hari lahir pancasila tersebut dengan berbagai kegiatan selain upacara bendera. Untuk memeriahkan hari lahir pancasila ini juga, LKTM melakukan pelayanan kesehatan tradisional secara gratis diantaranya dilaksanakan di Puskesmas Sukajadi Kab. Banyuasin.

Dari semua kegiatan diatas yang terpenting adalah diharapkan kepada semua masyarakat, khususnya staf LKTM agar mampu memaknai hari lahir pancasila ini. Bahwa Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Yang merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu kita harus mampu mengamalkan sila-sila pancasila didalam kehidupan kita sehari-hari. Karena pada setiap sila pancasila telah diatur bagaimana kita berkehidupan berbangsa dan bernegara, seperti cara kita berinteraksi sesama umat beragama, berdemokrasi dan berkeadilan sosial.