Senin, 03 Desember 2018 - 14:49:00 WIB
Bimbingan Teknis Dan Monitoring Evaluasi Pelayanan Kesehatan Tradisional di Propinsi Jawa Timur
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan LKTM - Dibaca: 36 kali

Pada tanggal 14 s.d 16 November 2018 tim dari Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) Palembang melaksanakan bimtek dan monev ke Provinsi Jawa Timur.

Di Jawa Timur tim dari LKTM  yang dipimpin langsung oleh kepala LKTM dr. Hermanto melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan beberapa puskesmas diantaranya Puskesmas Made Kota Surabaya dan UPT Materia Medica Kota Malang.

Hari pertama di Provinsi Jawa Timur tim LKTM Palembang langsung melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan hasil kegiatan selama di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur atara lain:

  1. Wilayah kerja Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur terdiri dari 29 kabupatan dan 8 kota
  2. Sudah ada dukungan dari pemerintah daerah setempat dengan dikeluarkanya Perda No. 2 tahun 2016 tentang upaya kesehatan dan sudah masuk anggaran pemerintah daerah.
  3. Jumlah hatra yang ada menurut metode yang digunakan :
  • Keterampilan 17527
  • Ramuan 519
  • Jumlah hatra yang sudah memiliki STPT 758
  • Untuk toga yang sudah di bina berjumlah 348

 

Hari kedua tim LKTM melakukan kunjungan ke puskesmas unggulan yaitu Puskesmas Made Kota Surabaya, di Puskesmas Made ini tim LKTM mendapatkan banyak sekali informasi  mengenai pelayanan kesehatan tradisional yang dilakukan oleh puskesmas tersebut diantaranya

  1. Pelayanan kesehatan tradisional dilakukan setiap hari kerja meliputi akupresur dan ramuan
  2. Ramuan tersedia di kantin puskesmas yang sudah dikemas dalam bentuk minuman dan makanan.
  3. Puskesmas sudah memiliki toga berdasarkan 10 penyakit terbesar dilingkungan puskesmas
  4. Yang menjadi toga unggulan di puskesmas made kota surabaya adalah simplisia rosella & syrup rosella serta kelor yang ramu dalam bentuk functional  food

Hari ketiga tim LKTM melakukan kunjungan ke salah satu UPT yang dibawah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yaitu UPT Materia Medica, adapun kegiatan UPT tersebut diantaranya:

  1. Eksplorasi tanaman obat indonesia
  2. Workshop jamu berkualitas
  3. Pelayanan kesehatan tradisional
  4. Budidaya tanaman obat
  5. Sosialisasi pemanfaatan tanaman obat
  6. dll

Dari hasil bimbingan teknis dan monitoring evaluasi pelayanan kesehatan tradisional di Provinsi Jawa Timur ada beberapa kegiatan dapat diterapkan di Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat Palembang terutama tentang ramuan atau herbal yaitu menata toga di lktm dengan mendata ulang jenis tanaman beserta manfaatnya, mengelompokan jenis tanaman sesuai continuum of care, serta bekerjasama dengan instansi terkait untuk memenuhi jenis tanaman yang tidak ada serta mensosialisasikan workshop herbal yang akan dimulai tahun 2019.