Senin, 12 Agustus 2013 - 14:15:30 WIB
MENGATASI GANGGUAN KESEHATAN YANG TIMBUL PASCA LEBARAN DENGAN HERBAL
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Poliklinik LKTM - Dibaca: 158517 kali

Rasulullah SAW mengisyaratkan bahwa dibalik puasa tersebut ada hikmah bagi kesehatan manusia, baik kesehatan jasmani, rohani dan sosial. Sabda Rasulullah tersebut telah dibuktikan oleh para sarjana kedokteran baik itu kesehatan jasmani, rohani maupun kesehatan sosial.

Puasa Ramadhan selama satu bulan membantu mengistirahatkan organ pencernaan, berdasarkan hasil penelitian puasa yang dilakukan 3 – 4 minggu berturut-turut adalah proses detofikasi alami yang paling baik.

Dalam keadaan puasa selama 12 - 14 jam tubuh tidak mendapatkan supply makanan, akan tetapi tubuh tetap bertahan. Ini disebabkan tubuh masih memiliki cadangan energi dalam bentuk lemak yang berasal dari karbohidrat yang disimpan dalam bentuk glikogen. Cadangan energi ini mampu bertahan sampai 25 jam. Dengan demikian, mereka yang berpuasa jangan khawatir menjadi sakit karena memiliki mekanisme alamiah untuk mempertahankan dirinya.

Makanan yang masuk kedalam tubuh memerlukan proses pencernaan kurang lebih delapan jam, yaitu empat jam diproses didalam lambung dan empat jam didalam usus kecil. Jika makan sahur dilakukan pada pukul empat pagi, berarti pukul 12 siang alat pencernaan selesai bekerja. Dari pukul 12 siang sampai berbuka kurang lebih selama 6 jam, alat pencernaan mengalami istirahat total. Hal ini terjadi selama satu bulan. Masa ini cukup untuk membersihkan makanan yang tertimbun dalam usus besar dan memberikan kepada usus besar untuk beristirahat dari proses pencernaan. Oleh karena itu dalam bulan puasa usus besar bersih dari makanan yang bertumpuk, suatu hal yang menjadikan makanan tidak masam karena tidak dicerna dan membebaskan seseorang dari gas dan bau yang tidak sedap dan rusaknya alat pencernaan.

Selama proses pencernaan didalam lambung, makanan berubah wujud menjadi seperti bubur dengan tingkat keasaman tertentu. Selanjutnya didalam usus kecil diproses, disaring dan diserap sampai tingkat molekular yang amat lembut, yang disebut sari-sari makanan. Setelah proses ini, sari-sari makanan yang mengandung gizi berproses menjadi darah, yang kemudian disupply keseluruh tubuh.

Berpuasa berarti memberikan kesempatan interval selama kurang lebih empat belas jam bagi kerja organ-organ tubuh, seperti : lambung, ginjal, liver. Selama itu tubuh tidak menerima makanan ataupun minuman, sehingga menimbulkan efek berupa rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan tubuh dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan dan meningkatkan fungsi-fungsi organ sesuai dengan fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi tajam.

Usai puasa semestinya badan kita sehat karena sudah mengalami detok alami, sel dan fungsi organ sudah baik.

Namun ...

Justru banyak orang yang sakit ...

Saat lebaran makanan berlimpah, yang utama terbuat dari makanan yang khas ,manis dan bersantan.

Pola makan yang sudah teratur akan makin kacau lagi, karena pola makan saat lebaran jadi tidak terkendali.

Berbagai penyakit pun timbul seperti :

  1. ISPA
  2. Diare
  3. Maag
  4. Cholesterol
  5. Gula darah 
  6. Asam urat

 Berikut beberapa TIPS bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan pasca lebaran :

  1. Mencuci tangan dengan sabun
  2. Jangan menumpuk sampah
  3. Membuat menu jangan terlalu banyak
  4. Herbal yang dapat dimanfaatkan :
  • Madu

Khasiat : meningkatkan stamina serta mempertahankan stabilitas tubuh agar tetap sehat dan bugar serta melancarkan metabolisme tubuh,untuk kecantikan dan mencegah gangguan kesehatan

  • Kurma

Meningkatkan stamina dan energi,mencegah mengatasi anemi,melancarkan bab,merelaksasi otot,

  • Jahe

Meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, mual, muntah, sakit kepala, demam.

  • Temulawak

Menurunkan kholesterol, meningkatkan stamina, mengatasi maag, perut kembung dan lain-lain.

  • Kencur

Meningkatkan stamina, menghilangkan bau mulut, mengatasiradang lambung, kembung, masuk angin.

  • Ubi jalar merah dan ungu

Untuk perut kembung, gangguan lambung.

  • Kunyit

Radang lambung, melancarkan pengeluaran empedu.

  • Kapulaga

Mengobati batuk dan mencegah radang tenggorokan, meringankan rematik, untuk perut kembung

  • Kayu manis

Diare, radang sendi, kram menstruasi, infeksi, pilek, flu, darah tinggin, menjadi penawar racun bagi tubuh yang kena toksin, dan sebagai antiseptik, antibakteri, dan antikoagulan (anti penggumpalan darah).

  • Daun teh jati cina

Peluntur lemak dalam tubuh bagi penderita Obesitas
Juga berkhasiat sebagai  metabolisme, sehingga membantu proses sekresi/pembuangan kotoran.

 

Sangat mudah mendapat bahan tersebut, demikian semoga bermanfaat.