PERTEMUAN PENGUATAN BIDAN DESA DENGAN UPAYA KESEHATAN TRADISIONAL DALAM RANGKA MENDUKUNG PENCAPAI

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila warganya ikut berpartisipasi.  Perubahan-perubahan baik dalam lingkungan global maupun nasional tak terkecuali dalam bidang kesehatan. Kecendrungan masyarakat mencari pertolongan dalam pengobatan cendrung kembali ke alam ( back to nature )

Program Safe Motherhood mulai tahun 1990, salah satu terobosannya adalah menempatkan tenaga bidan di setiap desa dan melatih dukun serta dilengkapi dengan dukun kit, sehingga diharapkan dukun yang sudah dilatih mampu dan mau menerapkan persalinan 3 bersih (bersih tempat, alat dan cara).

Upaya Pengobatan tradisional merupakan salah satu dari 17 upaya kesehatan yang wajib dikembangkan ,adapun kegiatannya meliputi upaya promotif,preventif, kuratif dan rehabilitatif. Untuk itu LKTM yang berperan sebagai fasilitator pengembangan pelayanan kesehatan tradisional melakukan orientasi bagi bidan desa, khususnya dalam bidang Pemanfaatan Tanaman Obat Desa bagi Produksi ASI dan Pijat Bayi yang bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Balita.

Kegiatan pertemuan Peguatan Bidan Desa dengan Upaya Kesehatan Tradisional dalam Rangka Mendukung Pencapaian MDGs 2014 guna meningkatkan pengetahuan akan upaya pengobatan tradisional serta jika dimungkinkan meningkatnya ketrampilan Bidan dalam meningkatkan pelayanan terhadap ibu dan anak.

Penerima manfaat dari pertemuan ini adalah bidan desa di wilayah provinsi Sumatera Selatan  khususnya Kabupaten Lahat.

Dalam pertemuan ini beberapa narasumber diundang untuk memberikan paparan antara lain :

  1. Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat dengan materi “Peran Dinkes dalam Pengembangan Program Kesehatan Tradisional, Alternatif, dan Komplementer.”
  2. UPTD. Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lahat dengan materi “Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Budidaya Tanaman Sayuran, Buah-buahan dan Obat-obatan.”
  3. Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat Palembang dengan materi “ deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dengan pijat   Bayi.”
  4. “ Manajeman Laktasi dan Peningkatan Produksi ASI dengan Yankestradkom.” dr. Yuliarni.

Dari kegiatan ini upaya pelayanan kesehatan tradisional komplemen alternatif dapat di integrasikan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di tingkat Puskesmas khususnya Bidan Desa.

 

Peserta Pertemuan

 

Kata Sambutan dr. Muzakir, M.Kes, Ka.Dinkes Kabupaten Lahat

 

Paparan Kabid Yankes Dinkes, Bapak Ubaidillah, SKM, M.Kes

 

Paparan Kepala UPTD. TPH Kabupaten Lahat, Bapak Kustanto, SP

 

Paparan Kepala PKM Kampus Palembang, dr. Yuliarni

 

Paparan Kepala LKTM Palembang, dr. Salilul Hulwan M.,M.Kes

 

Praktek Membuat Minuman Herbal

 

Praktek Pijat Bayi

 

Arahan teknik praktek pijat bayi kepada peserta pertemuan

 

Pesan dan Kesan dari perwakilan peserta pertemuan

 

Foto bersama pemenang Door prize