Meningkatkan Imunitas dengan Akupresur Mandiri

Saat ini dunia sedang menghadapi masalah kesehatan global, yaitu pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19). Dampak COVID-19 dirasakan oleh sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia. Masalah kesehatan ini menjadi semakin rumit karena hingga kini obat spesifik untuk mengatasi COVID-19 belum ditemukan. Vaksin pun masih dalam tahap penelitian sebelum diproduksi massal untuk mencegah penularan COVID-19. Oleh karena itu, upaya menghindari dan mencegah tertular COVID-19 adalah langkah bertahan yang paling mudah untuk dilakukan. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh.

Beragam cara dilakukan sebagai upaya peningkatan imunitas tubuh pada masa pandemi COVID-19 ini. Cara yang dapat dilakukan oleh semua orang, mudah, murah, praktis, dan bermanfaat adalah dengan akupresur mandiri. Akupresur merupakan teknik pengobatan atau penyembuhan melalui penekanan dengan jari tangan atau alat lainnya pada titik akupuntur sebagai pengganti penusukan jarum. Akupresur dapat digunakan untuk mengatasi keluhan kesehatan ringan dan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dokter fungsional sekaligus kepala Instalasi Pengembangan Model Pelayanan Kesehatan Tradisional di Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) Palembang, dr. Asnawi Taslim, SpAk menyebutkan titik-titik akupresur yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu titik Taichong (LR3), Sanyinjiao (SP6), Suzanli (ST36), Hegu (LI4), Baihui (GV20), dan Yintang (EX-HN3). Berikut penjelasan masing-masing lokasi titik-titik tersebut.

Taichong (LR3)

Titik LR3 merupakan salah satu titik pada meridian hati (liver). Lokasi titik LR3 adalah pada bagian dorsal kaki, antara os metatarsal jari 1 dan 2, dalam lekukan distal pada hubungan basis dari kedua tulang tersebut, dalam lekukan proksimal sendi metatarsophalangeal I, di bawah arteri dorsalis pedis. Lebih sederhananya, titik LR3 terletak pada punggung kaki pada cekungan antar pertemuan tulang telapak kaki ibu jari dan jari kedua seperti ditunjukkan pada gambar di samping.

Sanyinjiao (SP6)

Titik SP6 merupakan salah satu titik pada meridian limpa (spleen). Titik SP6 terletak pada os tibial, 3 B-cun proksimal dari puncak maleolus medialis. Untuk lebih mudah, titik SP6 dapat ditentukan dengan cara mengukur empat jari di atas mata kaki bagian dalam seperti dicontohkan pada gambar di samping.

Zusanli (ST36)

Titik ST36 merupakan salah satu titik pada meridian lambung (stomach). Letak titik ST36 yaitu pada sisi anterior tungkai bawah, 3 B-cun inferior dari titik ST35 (tepi bawah patela bagian lateral). Lokasi titik ST36 dapat juga ditentukan dengan mengukur jarak empat jari di bawah lutut, di tepi luar tulang kering, seperti pada gambar di samping.

Hegu (LI4)

Titik LI4 merupakan salah satu titik pada meridian usus besar (large intestine). Lokasi titik LI4 adalah pada punggung tangan, pada sisi radial dari cekungan dan proksimal dari sendi metacarpophalangeal kedua. Untuk lebih mudah, titik LI4 terletak pada punggung tangan pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan jari teluntuk dirapatkan atau seperti pada gambar di samping.

Baihui (GV20)

Titik GV20 merupakan salah satu titik pada meridian Governor Vesssel. Lokasi titik GV20 terletak pada verteks kepala, 5 cun posterior ke titik tengah garis rambut anterior dan 7 cun tepat di atas titik tengah garis rambut posterior, atau tepat di atas puncak aurik pada garis tengah kepala. Lokasi titik GV20 ditujukkan pada gambar di samping, tepat di puncak kepala.

Yintang (EX-HN3)

Titik EX-HN3 merupakan salah satu titik ekstra yang berada pada regio wajah. Lokasi titik EX-HN3 adalah pada garis tengah tubuh di depan (dahi) dan di antara kedua pangkal alis seperti ditunjukkan pada gambar di samping.

Akupresur mandiri untuk meningkatkan imunitas dapat dilakukan oleh setiap orang dengan cara menekan sampai terasa ngilu pada titik-titik yang bermanfaat tersebut di atas sebanyak 33 kali di setiap titik. Akupresur mandiri ini dapat diulang sebanyak dua sampai tiga kali setiap hari.

Untuk menjaga dan mencapai peningkatan imunitas yang lebih maksimal, akupresur mandiri dipadukan dengan pemanfaatan TOGA. Selain itu, juga dengan tidak lupa menerapkan empat sehat lima sempurna masa pandemi COVID-19 (pakai masker, jaga jarak, baik physical dan social distancing, rajin cuci tangan dengan sabun, olahraga, tidur teratur dan cukup, tidak panik, serta makanan yang bernutrisi).

 

oleh dr. Lathifah A. Rahmani