Kegiatan Sehat Bugar Perdana Tahun 2021

Gambar 1. Senam pada Kegiatan Sehat Bugar LKTM

Untuk pertama kalinya pada tahun 2021 LKTM Palembang mengadakan kegiatan senam sehat bugar. Agenda ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan sehat bugar bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh staf LKTM dan masyarakat sekitar kantor LKTM untuk dapat melakukan aktivitas fisik. Pelaksanaan kegiatan ini tentu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Rangkaian acara kegiatan sehat bugar terdiri dari senam jantung sehat dan aerobik, penyuluhan kesehatan, dan edukasi tentang makanan/minuman sehat. Pada Jumat, 5 Februari 2021, dr. Lathifah berkesempatan memberikan penyuluhan tentang Sehat dan Bugar.

Gambar 2. Penyuluhan Kesehatan oleh dr. Lathifah

Sehat dan bugar adalah dua hal yang berbeda. Sehat merupakan keadaan sehat baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Keempat kriteria tersebut harus terpenuhi sehingga seseorang dapat dikatakan sehat. Orang yang sehat ternyata belum tentu bugar. Bugar adalah suatu kondisi dimana tidak mudah merasa lelah (selalu memiliki tenaga) walaupun sudah melakukan berbagai aktivitas. Seorang yang bugar sudah pasti sehat.

Dikutip dari kompas.com, Dr. dr. Samuel Oetoro, SpGK mengatakan bahwa orang sehat yang tidak bugar juga bisa ditandai ketika seseorang tersebut makan. Orang bugar, ketika habis makan akan tetap fit seperti biasanya. Namun orang sehat yang tidak bugar umumnya akan mengantuk setelah makan.

Gambar 3. Peserta Kegiatan Sehat Bugar Perdana LKTM Sedang Mengikuti Penyuluhan

Untuk mencapai kondisi tubuh yang sehat dan bugar, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara memiliki niat untuk sehat dan bugar, pola makan yang benar dengan diet gizi seimbang, kelola stress, istirahat cukup, hindari rokok, dan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dilakukan sangat mudah, yaitu minimal berjalan kaki selama 30 menit tiga kali dalam satu minggu. Aktivitas fisik juga dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan senam sehat bugar seperti yang dilaksanakan oleh LKTM Palembang ini.

Seluruh peserta kegiatan sehat bugar membawa pulang penganan tradisional khas Sumatera Selatan, yaitu tekwan. Namun, tekwan ini berbeda dari  tekwan pada umumnya karena ada campuran kelor di dalamnya sehingga menambah nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Selain tekwan kelor, peserta disuguhi lemon grass yang merupakan minuman sehat terbuat dari bahan alami, yaitu serai, lemon, jahe. Dengan diperkenalkannya makanan dan minuman sehat ini diharapkan sleuruh peserta kegiatan dapat mempraktikkan di rumah dan menjadi alternatif menu hidangan sehat untuk keluarga.

Penulis: L.A. Rahmani