Klinik Akupunktur

Akupuntur merupakan pengobatan yang dilakukan dengan caramenusukkan jarum di titik-titik tertentu pada bagian tubuh pasien untukmembantu menyembuhkan penyakit atau mencapai kondisi kesehatantertentu.

Menurut catatan sejarah, akupuntur merupakan pengobatan tradisionalyang berasal dari Tiongkok dan sudah mulai dikenal sejak lebih dari2500 tahun lalu. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan,akupuntur dapat dijelaskan dengan ilmu kedokteran konvensional danberbasis bukti (evidence based medicine) atau yang lebih dikenaldengan istilah akupuntur medik. Hingga saat ini, praktik akupuntur telahmeluas di berbagai negara di dunia, baik akupuntur tradisional maupunakupuntur medik,

Bebapa contoh kondisi kesehatan yang umumnya dapat diterapi denganakupuntur, yaitu:

•Nyeri

Pusing, sakit kepala, migrain, nyeri bahu, nyeri lengan, nyeripunggung, nyeri pinggang, nyeri lutut, nyeri tumit, dan nyeri sendi.

•Gangguan fungsional

asma, urtikaria, gangguan menstruasi, gangguan pencernaan,gangguan saraf seperti Bell’s palsy, kelumpuhan pasca stroke, neuropati, dan ischialgia

•Kondisi tertentu

insomnia, depresi, gangguan cemas, infertil

•Estetika

Di LKTM, sebelum pasien menerima pelayanan akupuntur, pasien akandiperiksa terlebih dahulu oleh dokter. Selanjutnya jika pasien memilikiindikasi, pasien akan dilanjutkan menerima pelayanan akupuntur.Pelayanan akupuntur dilakukan oleh dokter srpesialis akupuntur atauoleh dokter umum yang telah memiliki kompetensi akupuntur resmi dandibantu oleh perawat-perawat terampil. Jarum yang digunakan adalahjarum akupuntur steril yang bersifat dispossable (satu kali pakai). Tindakan akupuntur umumnya dilakukan dengan menggunakanstimulasi elektrik dan terapi hangat (TDP) bergantung dengan kondisikesehatan pasien.