Jamu Herbal

Pemanfaatan tanaman berkhasiat obat untuk berbagai kondisi gangguankesehatan telah dikenal sejak lama di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Pada awalnya pemanfaatan tanaman berkhasiat obat dilakukansecara turun-temurun (empiris) hingga saat ini telah banyak dilakukanpenelitian tentang tanaman berkhasiat obat (herbal).

Tanaman obat berkhasiat obat dapat digunakan untuk berbagai kondisigangguan kesehatan yaitu membantu mengatasi keluhan nyeri sendi,membantu mengatasi hemoroid, melancarkan ASI, membantumelancarkan peredaran darah, membantu meingkatkan stamina, danmembantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, serta asam urat.

Di LKTM, pelayanan poli herbal dilakukan oleh dokter ahli herbal medik atau dokter yang telah mengikuti pelatihan saintifikasi jamu.Pasien dapat berkonsultasi tentang tanaman berkhasiat obat yang dapat pasien manfaatkan untuk membantu mengatasi keluhannya,cara mengolah, dan takaran serta dosis yang digunakan. Selain itu,dokter juga dapat memberikan ekstrak tanaman obat dan atau obatherbal terstandar (OHT) yang telah tersedia di apotek LKTMsehingga pasien tidak perlu lagi meracik tanaman berkhasiat obatsendiri di rumah dan lebih praktis.